Kamis, 07 April 2011

News Release - Waspadai Penipuan via SMS dan Telepon

Semarang, 7 April 2011
Penipuan berkedok undian berhadiah lewat SMS maupun telepon langsung ke ponsel pelanggan kembali marak, terlebih setelah Telkomsel kembali menyelenggarakan program Telkomsel POIN dan program undian lainnya beberapa waktu yang lalu.

Penipu memanfaatkan program-program undian yang diadakan Telkomsel tersebut untuk melakukan aksinya kepada pelanggan yang mudah percaya dengan diiming-imingi hadiah yang nilainya sangat menggiurkan dari uang jutaan rupiah hingga mobil mewah.

Supervisor Corporate Communications Jateng&DIY Telkomsel – Dito Respati mengatakan “Aksi penipuan ini semakin cerdik dengan modus operandi yang selalu berganti-ganti untuk dapat menarik sebanyak mungkin perhatian pengguna ponsel dimana setiap aksinya para penipu ini mengaku sebagai karyawan Telkomsel.

“kami mengingatkan kembali kepada masyarakat umum khususnya pelanggan Telkomsel agar tidak terlalu cepat percaya apabila mendapatkan informasi sebagai pemenang undian berhadiah, dan sebaiknya pelanggan melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan menghubungi call centre kami di 111 bagi pengguna KartuHALO dan 116 bagi pengguna KartuAs dan simPATI atau silahkan menggunakan layanan 1166 untuk melaporkan penipuan”, tambah Dito.

Layanan 1166 adalah nomor singkat yang disiapkan Telkomsel untuk menampung pengaduan adanya indikasi tindakan penipuan baik itu melalui SMS maupun telepon langsung. Layanan ini hanya diperuntukkan bagi pelanggan Telkomsel dan tidak berbayar. Dibukanya layanan ini bertujuan agar para pelanggan Telkomsel dapat dengan  mudah dan cepat mengadukan penipuan yang terjadi.
Format yang harus diisi dalam SMS pengaduan tersebut adalah sebagai berikut : Penipuan#nomor pelaku penipuan#isi sms penipuan
Dengan membuka layanan pengaduan 1166 ini Telkomsel berharap dapat mengurangi tindak penipuan SMS yang terjadi, dan terutama agar seluruh pelanggan Telkomsel lebih nyaman berkomunikasi. Telkomsel berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan baik dari kehandalan jaringan maupun layanan terdepan.
Berikut disampaikan beberapa hal yang kami himbau / sarankan kepada pelanggan Telkomsel dan masyarakat pada umumnya dalam rangka mengantisipasi penipuan dengan modus SMS / Telp. dengan iming-iming Memenangkan Undian :
  1. Abaikan atau hapus SMS tersebut
  2. Jangan sekali-kali melakukan konfirmasi ke nomor ponsel/handphone pengirim SMS, maupun ke nomor ponsel/handphone yang disebutkan dalam SMS atau telpon tersebut.
  3. Jangan ikuti perintah apa pun dari pihak yang mengirimkan SMS dan telpon ke HP Anda.
  4. Apabila menerima SMS / Telpon  yang isinya  informasi mengenai pemenang pada undian berhadiah agar tidak panik  dan langsung percaya , terlebih dahulu melakukan konfirmasi ke Telkomsel baik dengan melakukan panggilan ke 111 (dari KartuHALO) atau ke 116 (dari Simpati dan Kartu As), untuk panggilan ke 111 dan 116 tersebut bebas pulsa atau datang langsung ke GraPARI / GeraiHALO  Terdekat untuk menanyakan apakah penerima SMS atau telpon  tersebut benar memenangkan suatu undian.
  5. Telkomsel tidak pernah meminta pelanggan yang menang untuk mentransfer sejumlah uang ataupun perintah membeli voucher ke pihak-pihak tertentu.
  6. Jangan ikuti perintah apa pun dari pihak yang mengirimkan SMS, termasuk jangan sekali-kali menyebutkan nomor rekening tabungan anda.
  7. Telkomsel tidak pernah mengenakan biaya bagi pelanggan yang memenangkan undian (seluruh pajak ditanggung Telkomsel)
  8. Pihak Telkomsel akan mengirim Surat Resmi untuk pelanggan yang memenangkan undian dan akan dikonfirmasi melalui telpon serta diarahkan untuk berkoordinasi dengan GraPARI Setempat / terdekat
  9. Bagi pelanggan yang  didatangi langsung oleh pihak yang mengatas namakan Telkomsel,  agar tidak langsung atau mudah percaya, karena pihak Telkomsel akan mengkonfirmasikan terlebih  dahulu kepada pelanggan lewat telpon / surat kabar / surat resmi, dan lebih menekankan kepada pelanggan untuk datang langsung ke GraPARI, dan pelanggan sebaiknya melakukan klarifikasi ke GraPARI setempat untuk memastikan apakah pihak yang datang tersebut benar Pihak Telkomsel atau bukan.
  10. Saat ini juga sudah mulai marak penipuan dengan modus menelpon pelanggan dan mengaku rekan kerja / sahabat / keluarga / pihak instansi tertentu, selanjutnya yang bersangkutan merayu korbannya agar mengirimkan sejumlah voucher / pulsa ke nomor tertentu. Untuk itu kami himbau agar pelanggan mengecek dahaulu kebenaran nomor yang menghubungi tersebut apakah benar yang bersangkutan adalah benar rekan kerja / sahabat / keluarga  kita.


============

1 komentar:

KodokLaode mengatakan...

Barusan saya di telepon dari seseorang yang mengatas namakan pegawai Telkomsel, modus penipuannya melalui telepon, lucu,,, saya sudah ragu dari pertama ditelepon, karena gak pernah ikutan telkomsel poin, tiba2 menang, saya konfirmasi ke penjual pulsa, orang yang telepon saya di bentak2, kasihan dalam pikirku, sewaktu penjual pulsa, menanyakan No. ID-nya, teleponnya langsung ditutup.